Friday, May 20, 2011

Cara Mengganti Icon Blogspot

Jika kita membuat blog dengan blogspot, maka disebelah kiri address bar akan tampak icon bawaannya, seperti terlihat pada gambar di sebelah kiri. Inilah yang disebut dengan favicon (favorit icon). Sebagian Blogger kadang merasa risih dengan icon bawaan ini. Risih karena kentara sekali bahwa blognya dibuat dengan layanan blogspot, layanan gratis yang menimbulkan kesan pasaran. Sehingga muncul pertanyaan: bisakah icon blogspot ini diganti dengan icon kreasi sendiri?

Pertanyaan tersebut juga sempat mengusik saya. Tapi akhirnya juga terjawab, ternyata icon tersebut bisa diganti. Ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk menggantinya:


Ketiga tahap tersebut harus dilakukan secara berurutan. Karena itu mulailah dari yang pertama lalu yang kedua. Jika sudah baru bisa dilanjutkan ke langkah-langkah berikut:

1. Masuklah ke halaman Dasbor blog anda lalu klik Rancangan.

Cara Mengganti Icon Blogspot
2. Kemudian klik pada Edit HTML.

Cara Mengganti Icon Blogspot

3. Untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan sebaiknya backup dulu template anda dengan mengklik Download Template Lengkap.

Cara Mengganti Icon Blogspot

4. Kemudian carilah kode: </head>

5. Agar lebih mudah mencarinya tekan (Ctrl + F) pada keyboard lalu tekan Enter. Maka akan muncul kotak Find. Ketiklah kode yang akan dicari pada kotak tersebut lalu tekan Enter, maka secara otomatis akan muncul kode yang dicari dalam keadaan terseleksi dengan warna hijau.

Cara Mengganti Icon Blogspot

6. Tepat di atasnya masukan kode di bawah ini. Dengan catatan: gantilah tulisan berwarna biru dengan alamat penyimpanan file icon anda. Setelah selesai klik SIMPAN TEMPLATE.

<link rel="shortcut icon"
href="http://lh3.ggpht.com/_I141SpJQcB8/S_47UxnxeCI/AAAAAAAACVI/Cu-xr2HPoj0/s128/b.png"/>


7. Tunggulah hingga proses berlangsung. Kemudian lihatlah hasilnya. Sebagai contoh icon blogernas saat posting ini dipublish adalah seperti ini.


Cara Mengganti Icon Blogspot

0 comments:

Post a Comment